Corporate Action Covid 19

Musi Samosir, Chief Risk Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk.: Tantangan Baru, Peluang Baru

Industri asuransi di Tanah Air, termasuk PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. (Adira Insurance), mendapat tantangan baru seusai penetapan Covid-19 (virus corona) sebagai pandemi global oleh WHO. Tantangan baru ini akan kami hadapi dengan sangat hati-hati dan cermat. Yang pasti, pelayanan terbaik kepada pelanggan tetap kami berikan melalui berbagai channel, termasuk layanan digital bagi masyarakat yang harus stay at home.

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, kami berkomitmen memberikan perlindungan terbaik kepada pelanggan dan karyawan. Kami mendukung imbauan pemerintah untuk melakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Terkait anjuran pemerintah untuk WFH, sebenarnya Adira Insurance telah memiliki program mirip dengannya sejak 2018 untuk tujuan meningkatkan produktivitas karyawan dalam memberikan layanan prima kepada seluruh pelanggan dan mitra bisnis. Jadi, kami sudah sangat siap dengan segala infrastruktur yang ada. Intinya, untuk memberikan experience terbaik kepada pelanggan, perusahaan harus siap, baik secara infrastruktur maupun SDM.

Selain di bidang human resources, terobosan lain yang kami lakukan, di antaranya, Adira Insurance merupakan asuransi pertama di Indonesia yang memiliki aplikasi pengajuan klaim asuransi mobil, Autocillin Mobile Claim. AMC terus kami kembangkan. Sampai 2019 sudah sebanyak 70% pelanggan Autocillin (asuransi mobil) menggunakan AMC saat pengajuan klaim. Dengan kemudahan dan simplicity, pelanggan dapat mengajukan klaim asuransi mobil cukup di rumah saja.

Berbagai inovasi pun telah kami lakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi, seperti pengajuan klaim secara digital, pembelian produk melalui berbagai kanal digital, yaitu di situs perusahaan, marketplace, hingga aggregator. Belum lama, kami menjadi partner eksklusif Traveloka untuk pembelian produk asuransi mobil dan motor.

Kalau ditanya seberapa besar dampak Covid-19 ini terhadap kinerja bisnis, bagi kami masih terlalu dini untuk bisa memprediksi seberapa besar dampaknya terhadap kinerja perusahaan. Seperti yang sudah saya sampaikan, akan ada tantangan baru yang tentunya akan berdampak pada kinerja perusahaan di 2020. Namun, analisis dampak terperinci masih harus kami lakukan.

Kontribusi perusahaan dalam upaya mencegah meluasnya wabah corona, kami terus menyampaikan informasi preventif dalam upaya pencegahan Covid-19 kepada seluruh karyawan ataupun pelanggan melalui Instagram @asuransiadira, @autocillin, dan @travellinid. Paling utama, kami mengingatkan karyawan dan pelanggan agar tidak panik menghadapi wabah ini. Pelanggan dapat tetap bisa dekat dengan kami melalui berbagai layanan digital, yaitu call center Adira Care 1500 456, surat elektronik [email protected], WhatsApp 08121113456, serta online chat di www.asuransiadira.co.id. (*)

Sri Niken Handayani dan Dede Suryadi

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved