Unilever Kampanyekan PHBS di Sekolah dan Pesantren

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatatkan persentase kematian anak dalam rentang usia 0 hingga 18 tahun akibat virus Corona mencapai 1,1%. Data lain juga menunjukan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama terkait proporsi angka kejadian Covid-19 pada anak, yaitu sebesar 9,1%. Oleh karena itu, pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak-anak menjadi urgen dan penting dilakukan.

Unilever Indonesia Foundation mengagas program pelatihan bagi guru dan murid, serta memberikan fasilitas untuk mendukung PHBS di lingkungan sekolah dan pesantren. Tahun ini, perusahaan telah menjangkau 10 juta anak di 41.847 sekolah dan pesantren di berbagai wilayah Indonesia.

“Program ini merupakan perwujudan salah satu pilar penting Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang dicanangkan di tahun 2010” kata Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia dalam acara Program Sekolah & Pesantren Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru hari ini (24/09/2020).

Program sekolah dan pesantren sehat merupakan salah satu langkah yang dilakukan Unilever untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan 1,3 miliar orang di seluruh dunia. Menurutnya, program ini menjadi semakin relevan sebagai upaya melindungi kesehatan anak di tengah pandemi covid-19, sekaligus mempersiapkan mereka dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru.

Hasil survei evaluasi Program Sekolah Sehat tahun 2017 mencatatkan bahwa program sosialisasi PHBS yang digagas Unilever berhasil merubah kebiasaan 43% anak untuk terbiasa mencuci tangan di lima waktu penting, dibandingkan sebelumnya yang hanya tiga kali sehari.

“Sebelum melepas anak-anak ke sekolah, mereka harus dibiasakan melakukan PHBS sebagai kunci pengendalian penyebaran virus corona, disamping menerapkan protokol secara ketat di lingkungan pendidikan,” ujar Sri Wahyuningsih, Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menambahkan.

Selain melakukan edukasi PHBS, Unilever Indonesia Foundation juga menyumbangkan wastafel permanen untuk mencuci tangan dan memberikan sikat gigi, serta mendistribusikan produk-produk kebersihan serta kesehatan di area sekolah dan pesantren.  

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Unilever

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)