XL Axiata, Berikan Dukungan Total pada Upaya Melawan Covid-19

Marwan O. Baasir, Chief of Corporate Affairs Officer XL Axiata, menyerahkan bantuan smartphone untuk belajat online.
Marwan O. Baasir, Chief of Corporate Affairs Officer XL Axiata, menyerahkan bantuan smartphone untuk belajat online.

Patut disyukuri, pandemi Covid-19 telah menumbuhkan solidaritas dari berbagai kalangan, kelompok masyarakat, dan perusahaan. Kita saksikan bersama, dukungan dan inisiatif berbagai kelompok masyarakat dan perusahaan itu mengalir deras sejak awal virus corona menyerang Indonesia, Maret 2020.

Salah satu perusahaan yang antusias mendukung pemerintah menghadapi Covid-19 adalah PT XL Axiata Tbk. Perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia ini termasuk yang pertama bergerak mengumpulkan dana serta menyerahkan donasi penanganan Covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Marwan O. Baasir, Chief of Corporate Affairs Officer XL Axiata, pihaknya telah menyerahkan bantuan total senilai kurang-lebih Rp 10,8 miliar. Yang dalam bentuk dana tunai sebesar Rp 10 miliar dan sisanya, Rp 800 juta, diwujudkan dalam bentuk alat pelindung diri (APD) yang disalurkan langsung ke sejumlah rumah sakit rujukan utama penanganan Covid-19.

Bagi perusahaan, menurut Marwan, komitmen dan dukungan terhadap penanganan Covid-19 harus dilakukan secara allout dengan melibatkan partisipasi karyawan. Mengapa? Ia yakin, komitmen ini dapat mendorong kepedulian karyawan sekaligus mengukuhkan sikap perusahaan terhadap situasi krisis yang terjadi.

Karena XL Axiata berkecimpung di industri telekomunikasi, tentu bantuan wajib terkait dengan akses komunikasi. XL Axiata langsung memberikan akses komunikasi gratis untuk penggunaan telepon, SMS, dan data/internet, serta penggunaan MS Office bagi BNPB. XL Axiata juga memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang menjadi rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19, serta di sejumlah rumah sakit yang fokus pada penanganan Covid-19.

Berikutnya, XL Axiata bekerjasama dengan Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Yayasan Benih Baik. Mereka menyalurkan 1.000 paket donasi untuk nelayan di Banten, Bali, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Pada tahap awal, donasi diserahkan kepada nelayan di Pengambengan dan Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali yang akan berlanjut ke komunitas nelayan lainnya. Secara umum, lokasi-lokasi yang disasar merupakan titik terluar wilayah NKRI; di sana, masyarakat nelayan setempat menjadi pendukung Bakamla dalam memastikan keamanan wilayah Nusantara.

Melalui program Donasi Siaga Pandemi, XL Axiata juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 100 juta melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Dana yang disalurkan melalui program ini merupakan hasil dari program XL Prioritas.

Selain dari pengumpulan dana karyawan atau perusahaan, XL Axiata juga menciptakan program inovatif yang sekaligus mengajak pelanggan untuk ikut serta membantu sesama. Melalui program #BukberDariRumah challenge yang diikuti pelanggan pascabayar XL Prioritas, bisa terkumpul dana hingga Rp 100 juta untuk disumbangkan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Terkait bantuan langsung, hingga saat ini XL Axiata masih menyalurkan APD untuk tenaga medis. Total lebih dari 40.000 set APD baju hazmat telah tersalurkan sejak April 2020 ke sekitar 26 rumah sakit di 17 kota di berbagai provinsi di seluruh Indonesia –termasuk Serang dan Pontianak.

Bukan hanya APD, karyawan XL Axiata yang pernah positif Covid-19 juga dilibatkan untuk ikut donor plasma konvalesen. Donasi plasma konvalesen ini bekerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta. Darah donor yang terkumpul akan langsung diserahkan kepada lembaga tersebut guna disalurkan kepada masyarakat penderita Covid-19 yang membutuhkan bantuan plasma konvalesen.

Yang terbaru, XL Axiata bersama Universitas Indonesia, Rumah Sakit UI, beserta sejumlah mitra bisnis dan sosial menggelar sentra vaksinasi secara drive thru untuk masyarakat di Depok, Jawa Barat. Program bernama Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini digelar selama dua bulan, 22 Maret-21 Mei 2021, berlokasi di gedung parkir RSUI, Depok.

Selain kesehatan, bidang pendidikan juga menjadi perhatian serius XL Axiata. Maklumlah, gara-gara pandemi, seluruh aktivitas belajar-mengajar dilakukan secara daring sehingga kebutuhan jaringan internet di kalangan pelajar hingga mahasiswa meningkat tajam.

Memahami kebutuhan yang mendesak itu, XL Axiata memberikan gratis 2 GB/hari untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah. Aplikasi yang dimaksud mencakup Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk pelajar atau mahasiswa. Kemudian, untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah dengan lebih nyaman, pelanggan yang mendapatkan kuota tersebut juga bisa menggunakannya untuk mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365.

Mahasiswa bisa memanfaatkan kuota tersebut untuk mengakses materi kuliah daring yang disediakan lebih dari 40 universitas di seluruh Indonesia. Dalam program ini sudah ada beberapa kampus yang bergabung, antara lain UI, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Atma Jaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Udayana, dan Universitas Gadjah Mada.

Bekerjasama dengan Kementerian Agama, XL Axiata mengembangkan program Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh, program pengembangan pendidikan para pelajar madrasah. Pelajar madrasah dan tenaga pendidik diberi bantuan paket internet agar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi. Sejauh ini telah tersalurkan 133.548 paket internet gratis untuk madrasah di Kalimantan Barat dan 50.000 paket data gratis khusus bagi pelajar di Kalimantan Timur (Kal-Tim).

Adapun dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia, XL Axiata mendukung PJJ dengan menyediakan paket internet gratis. Ini khusus bagi pelajar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Sejauh ini XL Axiata telah menyalurkan bantuan 300.000 paket data gratis khusus bagi pelajar di Provinsi Banten. Selain Banten, XL Axiata juga menyalurkan 50.000 paket data gratis khusus bagi pelajar di   Kal-Tim.

Selain itu, XL Axiata pun menyalurkan donasi telepon seluler dan paket data gratis khusus bagi pelajar yang tidak mampu di beberapa kota di Indonesia. Program ini bertujuan mendukung pelaksanaan PJJ yang masih berlangsung hingga sekarang.

Manajemen XL Axiata sangat memahami problem yang dirasakan sebagian masyarakat, terkait kemampuan memiliki ponsel dan kuota data agar anak-anaknya bisa mengikuti PJJ. Saat ini sudah disiapkan total 500 paket donasi berisi ponsel dan kuota data untuk disalurkan ke beberapa kota, yaitu Surabaya (71 siswa), Jakarta (166 siswa), Bandung (61 siswa), dan Medan (202 siswa).

Dijelaskan Marwan, bagi XL Axiata, pandemi Covid yang terjadi hingga saat ini merupakan kejadian khusus yang berpotensi berdampak terhadap kelangsungan bisnis dan operasional perusahaan. Maka, pihaknya membentuk tim khusus yang diberi nama Crisis Management Team (CMT) didukung oleh Emergency Response Team (ERT) yang beranggotakan karyawan dari beberapa fungsi yang memiliki keahlian khusus dalam menghadapi krisis.

“Sehingga, untuk penanganan Covid-19 pun, perusahaan juga memanfaatkan dan menggerakkan tim yang sudah ada tersebut, termasuk mendukung koordinasi seluruh tim di lapangan untuk penyaluran bantuan,” katanya.

CMT dikepalai pejabat level direktur. Tim ini dibentuk langsung oleh CEO XL Axiata secara khusus untuk menangani situasi atau kondisi tertentu –termasuk situasi pandemi Covid-19– yang akan memberikan dampak, baik secara bisnis maupun operasional, terhadap perusahaan. Tim ini juga mendapatkan pelatihan khusus dari lembaga terpercaya, salah satunya pelatihan kebencanaan dari BNPB.

Menurut Marwan, tugas dan tanggung jawab tim CMT dan ERT adalah membantu manajemen/perusahaan memastikan bisnis ataupun operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik dalam situasi dan kondisi tertentu atau darurat. Intinya, sebagai perusahaan publik, XL Axiata memastikan seluruh kegiatan sosial yang dijalankan dalam mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 dapat tepat sasaran dan langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak pandemi.

“Melalui Tim CSR dan Sustainability, setiap penyaluran bantuan XL dibuatkan kompilasi data, mulai dari tahap perencanaan, eksekusi pelaksanaan, hingga kegiatan berakhir. Tak cukup di situ, monitoring dan review pascakegiatan juga dibuatkan laporannya untuk dapat mengetahui seberapa besar dampak dan efektivitas kegiatan sosial masyarakat yang telah dilakukan sesuai harapan,” kata Marwan menegaskan. (*)

Dyah Hasto Palupi/Herning Banirestu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)