Listed Articles

Formula Tak Ingin Cuma Jadi 'Market Leader'

Formula Tak Ingin Cuma Jadi 'Market Leader'

Mengklaim diri sebagai pemilik pangsa pasar lebih dari 50% di ranah produsen sikat gigi, Formula di bawah bendera PT Orang Tua Group, mengaku tak ingin berpuas diri. Bagi mereka, meraup keuntungan besar-besaran bukanlah satu-satunya prioritas. Lalu apa?

Industri sikat gigi, menurut Public Relation Manager PT Orang Tua Group, Yuna Eka, merupakan industri yang sangat berpotensi untuk berkembang pesat. Pasalnya, pertumbuhan industri ini dipengaruhi oleh growth penduduk, turn over penggunaan sikat dan penetrasi pasar. Oleh karena itu, strategi mempertahankan posisi di industri ini menjadi sebuah tantangan yang menarik apalagi dalam kondisi pasar yang diisi banyak pemain lain yang juga cukup besar.

Namun, pangsa pasar bukanlah satu-satunya target perusahaan. “Sebagai pelaku bisnis, pertumbuhan dari sisi omset pasti menjadi target kami. Namun di luar itu, kami juga mengharapkan dapat berpartisipasi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia terutama mengenai kesehatan gigi dan mulut serta dapat terus menjadi produk pilihan bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk di tingkat professionalitas seperti dokter-dokter gigi,” kata Yuta. Untuk tetap menjadi market leader, Formula berkomitmen untuk terus menerus melakukan inovasi dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan pasar dan secara konsisten serta kontinue selalu mengkomunikasikan produk Formula ke seluruh lapisan masyarakat.

“Inovasi tiada henti, itulah yang terus kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Agar inovasi tersebut tepat sasaran, kami membawa konsep outside in planning untuk mendapatkan insight mengenai apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan konsumen. Hasilnya menjadi dasar pengembangan produk Formula oleh tim Research & Innovation kami,” kata Yuna. Apalagi saat ini, konsumen tak dapat ‘dibodohi’ seiring banyaknya channel informasi.

“Kondisi ini menuntup upaya memadukan dan mengkoordinasi semua saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan merek secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat terhadap produk,” kata Yuna lagi. Dengan memulai menggunakan digital media, kini sikat gigi Formula semakin dikenal luas oleh semua kalangan terutama kalangan pemakai media online. Selain itu melalui media ini, Formula dengan mudah menyosialisasikan perkembangan terbaru baik dari sisi produk maupun dari sisi promosi seperti pemberian potongan harga di outlet-outlet tertentu dan informasi mengenai event yang akan berlangsung. (Acha)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved