Erick Thohir: Keterwakilan Generasi Milenial di Jajaran BOD BUMN Ditarget 5%



Memberikan keynote speech dalam webinar bertajuk Next Generation Leaders for Great Future Business yang diselenggarakan SWA dan PLN pada 18 Februari 2021, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sangat senang bisa hadir secara virtual untuk menyemangati para pemimpin Indonesia di ajang ini.

“Generasi muda adalah penggerak, baik sebagai konsumen maupun sumber daya manusia di perusahaan, baik saat ini maupun masa depan. Diperlukan pemimpin-pemimpin muda serta representasi generasi muda dalam merancang produk dan solusi, serta dalam menentukan kebijakan perusahaan, hingga posisi manajemen. Selain itu, lanjut Erick, di masa yang sedemikian dinamis karena VUCA, menuntut setiap perusahaan untuk dapat adaptif dan memiliki keunggulan kompetitif. “Kita memerlukan semangat untuk terus belajar, mudah beradaptasi dan selalu mencari terobosan. Inilah semangat yang dimiliki generasi muda dan pemimpin muda,” ujarnya.

Lebih lanjut Erick mengatakan, ketika dirinya diberikan amanah menjadi Menteri BUMN, salah satunya ia ingin mewujudkan legacy untuk kemajuan fundamental BUMN kini dan nanti, yaitu generasi muda khususnya milenial berada di jajaran puncak BUMN. “Maka salah satu terobosan yang dilakukan Kementerian BUMN adalah memberikan kesempatan kepada generasi milenial untuk duduk di jajaran direksi dengan target 5% dari seluruh direksi BUMN. Sementara itu target keterwakilan perempuan adalah 15% di jajaran BOC, BOD, dan BOD-1,” tegasnya. Erick menandaskan bahwa target tersebut bukan sekadar mendorong, bahkan ia menjadikan keterwakilan generasi muda dan perempuan sebagai KPI bagi para direksi BUMN. “Tentu ini memerlukan proses,” tambahnya.

Menurut Erick, langkah ini kemudian ditindaklanjuti dengan menata, agar lingkungan kerja BUMN dapat menunjang karier para generasi muda dan perempuan untuk berkembang menjadi pemimpin berkualitas tinggi dan mencapai jabatan puncak pada C-Level. “Banyak yang bertanya, sosok seperti apa yang dicari oleh saya sebagai pribadi maupun di lingkungan BUMN. Tentunya kami tidak sekadar melihat mudanya, tapi yang ingin dicari dan dibangun adalah para calon pemimpin yang memiliki core value: AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif),” papar Menteri BUMN ini.

Lebih lanjut Erick menjelaskan bahwa Kementerian BUMN juga mencari sosok-sosok yang terpanggil untuk belajar, tumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia. “Ini tiga employee value proposition di BUMN. Ini merupakan bagian dari transforasi dari human capital yang ada di BUMN. Transformasi ini penting sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan pencetak talenta serta para pemimpin yang tak sekadar memiliki kemampuan teknis dan leadership tapi juga berkarakter, berperilaku yang luhur dan dapat menjadi teladan tidak hanya bagi Kementerian BUMN tapi juga bagi Indonesia secara luas,”paparnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)