Management

Bagi Italia, Indonesia Masuk Peringkat Utama Tujuan Investasi

Oleh Admin
Bagi Italia, Indonesia Masuk Peringkat Utama Tujuan Investasi

Di awal minggu ini, Indonesia kedatangan tamu dari Italia. Tamu itu adalah delegasi bisnis yang datang untuk menjalin hubungan perdagangan dan investasi yang lebih mendalam dengan para pelaku bisnis di Indonesia.

“Indonesia menempati salah satu peringkat utama dalam daftar lokasi bagi investor internasional yang mencari lingkungan bisnis yang ramah dan aman,” terang Riccardo Monti, Presiden Italian Trade Promotion Agency, di sela-sela kegiatan forum bisnis Indonesia-Italia, di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (6/5/2012).

Forum Bisnis Indonesia-Italia “Italy-Indonesia: Comprehensive Economic Partnership,” di Jakarta, Senin (6/5/2013).

Misi bisnis “Italia ke Indonesia” akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai dari hari ini. Delegasi terdiri dari 57 perusahaan, 8 kelompok perbankan, dan 10 asosiasi bisnis. Secara total, delegasi berjumlah lebih dari 100 orang.

Senin pagi hingga siang, para delegasi beserta para pemangku kepentingan terkait dari pihak Indonesia, seperti dari Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kadin Indonesia, mengadakan semacam diskusi. Pada sore hari, akan diadakan pertemuan bisnis antara 30 perusahaan Italia dan rekan bisnis dari Indonesia. Perlu diketahui, misi bisnis Italia ke Indonesia akan fokus pada sejumlah sektor industri, yakni otomotif dan suku cadang otomotif, infrastruktur termasuk konstruksi dan perumahan, energi dan lingkungan, serta telekomunikasi dan peralatan mekanik.

Dua hari ke depan, para delegasi bisnis dari negeri pizza ini akan melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari seminar, pertemuan bisnis kembali hingga kunjungan lapang. Rencananya, perusahaan Italia yang bergerak di sektor otomotif akan mengunjungi pabrik Astra di Sunter, Jakarta.

Sebagai bagian dari delegasi, Riccardo menegaskan bahwa, “Lembaga kami ingin membantu menjadikan hubungan bisnis Italia-Indonesia makin menyerupai jalan raya dengan banyak jalur perdagangan, kemitraan industri dan investasi, di mana yang terakhir ini merupakan fokus misi ini, yang cepat dan tanpa hambatan, untuk meyakinkan semakin banyak perusahaan Indonesia untuk berinvestasi di negara kami.”

Lantas mengapa Indonesia menjadi pilihan bagi para pengusaha Italia ini? Giorgio Squinzi, Presiden Confindustria (Asosiasi Pelaku Industri Italia), mengatakan,” Berkat sumber daya dan luasnya, Indonesia merupakan salah satu negara paling menarik di kawasan geografis ini, karena dalam masa krisis, ekonomi negara ini berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 5,2 persen.”

Hal senada juga dikemukakan oleh Massimo Donda, Wakil RETE Imprese Italia (Jaringan Usaha Italia). “Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dengan kelas menengah yang berkembang secara cepat dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan menjadi salah satu ajang baru bagi produk ‘Buatan Italia’ dan produk-produk unggulan yang diciptakan usaha kecil dan menengah kami.” (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved