Jurus Lani Darmawan Akselerasi Pertumbuhan Bisnis Bank CIMB Niaga

Lani Darmawan, Presdir PT Bank CIMB Niaga Tbk.
Lani Darmawan, Presdir PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset ―terutama dengan kekuatan di segmen perbankan ritel konsumer dan UKM― PT Bank CIMB Niaga Tbk. dinilai memiliki potensi untuk terus mengembangkan pertumbuhan bisnisnya. Sudah lebih dari satu semester terakhir, bank swasta ini dipimpin oleh seorang CEO wanita bernama Lani Darmawan.

Lani resmi ditunjuk menjadi Presiden Direktur CIMB Niaga lewat RUPSLB pada Desember 2021. Dia mengaku mengemban amanah untuk mewujudkan aspirasi CIMB Niaga menjadi bank pilihan nasabah di Indonesia, serta untuk mencapai tujuan strategis, yaitu memberikan financial return yang berkelanjutan kepada pemegang saham.

Sebagai seorang bankir senior dengan pengalaman lebih dari 35 tahun, Lani menetapkan sejumlah strategi (lihat Boks). Dengan strategi tersebut, dia berharap bank yang dipimpinnya dapat mencapai target yang sudah disandangkan ke pundaknya.

Meski demikian, diakui Lani, tantangan utama yang bakal dihadapi industri perbankan masih bersumber dari volatilitas perekonomian global, terutama karena tingginya inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga komoditas dan penguatan mata uang dolar AS. Dia berharap, pulihnya mobilitas masyarakat di satu sisi, serta adanya kebijakan yang tepat dari Bank Indonesia dan pemerintah di sisi lain, akan meminimalkan dampak negatif ekonomi global terhadap perekonomian nasional.


Strategi CIMB Niaga

  1. Fokus pada akselerasi pertumbuhan di segmen yang profitable dan relatif berisiko rendah;
  2. Meningkatkan porsi pendapatan nonbunga (fee-based income) yang berkelanjutan dari seluruh segmen bisnis;
  3. Fokus pada peningkatan komposisi dana murah (CASA ratio) yang akan menjaga biaya bunga (cost of fund) semakin kompetitif;
  4. Terus mengupayakan efisiensi operasional dengan automasi dan digitalisasi;
  5. Meningkatkan kualitas aset, manajemen risiko, dan penjagaan permodalan yang kuat;
  6. Berinvestasi pada inovasi layanan digital yang dikombinasikan dengan jaringan omnichannel.

“Karena itu, kami tetap mengedepankan kehati-hatian dalam penyaluran kredit, menjaga portofolio yang seimbang baik di segmen ritel maupun korporasi, dan tetap mengedepankan customer experience,” kata wanita berusia 60 tahun tersebut.

Di segmen perbankan konsumer, CIMB Niaga akan terus mengakselerasi pertumbuhan. Terutama pada segmen bisnis Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Mobil (KPM), dan Kartu Kredit.

“Potensi pertumbuhan di segmen ini masih terbuka luas dengan masih tingginya permintaan rumah dan kendaraan dari nasabah muda dan keluarga muda yang menjadi target pasar CIMB Niaga,” katanya. Berbagai inovasi produk dan layanan digital, baik dari sisi funding maupun lending, pun telah diluncurkan tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Di segmen UKM, CIMB Niaga...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)