Generali Indonesia, Aplikasi Gen iClick Dongkrak Reputasi Mereknya

Anindya Kusuma Wardhani, Kepala Branding & Creative serta Manajer Program THSN Generali Indonesia
Anindya Kusuma Wardhani, Kepala Branding & Creative serta Manajer Program THSN Generali Indonesia.

Pemerintah menerbitkan kebijakan untuk membatasi mobilitas masyarakat demi menangkal penularan virus corona. Dampak dari kebijakan ini adalah perubahan perilaku masyarakat, yang kini mengandalkan platform digital untuk membeli berbagai kebutuhan, termasuk produk asuransi. Perusahaan asuransi pun merespons tren ini dengan mengoptimalkan kanal digital di era pandemi Covid-19, seperti yang diimplementasikan PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia.

Generali Indonesia menyediakan layanan asuransi hingga kesehatan di peranti bergerak (mobile). Gen iClick, demikian jenama aplikasi yang dirilisnya. Gen iClick dirancang sebagai aplikasi yang bisa digunakan semua nasabah individu dan institusi, yang memudahkan beragam transaksi dan layanan, misalnya transaksi polis nasabah.

Vivin Arbianti Gautama, Chief Marketing Officer Generali Indonesia, menyebutkan, Gen iClick merupakan layanan digital berkonsep one stop service. “Pada kondisi pandemi saat ini, Gen iClick memudahkan nasabah dari sisi transaksi polis, melihat kinerja investasi, pengajuan klaim, menemukan rumah sakit rekanan terdekat, dan bahkan kami sudah menyediakan fitur telemedicine, Dokter Leo, agar nasabah dan keluarga mudah berkonsultasi online dengan dokter, tanpa dipungut biaya,” tutur Vivin.

Fitur Dokter Leo bermitra dengan jaringan rumah sakit Siloam Group. Layanan ini menjawab kebutuhan masyarakat yang merasa khawatir berkunjung ke rumah sakit dan bertemu dokter di saat pandemi. Mereka bisa berkonsultasi dari rumah mengenai kondisi kesehatannya jika merasa memiliki gejala Covid-19 ataupun penyakit lainnya. “Nasabah bisa konsultasi dengan dokter bersertifikat. Dengan dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), fitur ini bisa mendeteksi sampai 600 jenis penyakit,” kata Vivin.

Jumlah nasabah yang menggunakan fitur Dokter Leo itu kian bertambah sejak dirilis di awal 2020. Pengunduhan Gen iClick mencapai 16.200 kali dengan pertumbuhan 103% per bulan. “Bisnis kami pun tumbuh, sekitar 95 ribu customer baru untuk Generali Indonesia. Ini meningkatkan reputasi, brand tracking naik signifikan, jadi impact-nya sangat bagus untuk perusahaan,” ungkap Vivin. Pada September 2020 Generali Indonesia mencetak laba bersih senilai Rp 136,68 miliar, tumbuh 19% dibandingkan September 2019 yang senilai Rp 115,24 miliar.

Selain Gen iClick, Generali Indonesia juga menginisiasi berbagai terobosan digital lain. Di antaranya, akuberbagi.com, platform yang berfungsi ganda, berupa wakaf dan donasi serta memberikan perlindungan keluarga, mulai dari Rp 50 ribu per bulan.

Ada pula aplikasi iPropose untuk kemudahan konsultasi, pemilihan produksi sesuai dengan kebutuhan dan pengajuan polis; asisten virtual JANE dengan teknologi AI yang melayani pertanyaan nasabah di situs (web) dan WhatsApp; produk GenSMART, yang memberikan proteksi tiga lebih optimal dari produk unit link biasa; serta Auto Kendali, unit link dengan Robo ARMS yang akan mengelola unit link nasabah secara otomatis sesuai dengan kondisi pasar dan profil risiko nasabah.

Anindya Kusuma Wardhani, Kepala Branding & Creative serta Manajer Program THSN Generali Indonesia, mengatakan bahwa perusahaannya menindaklanjuti perubahan perilaku masyarakat ini dengan mengembangkan berbagai solusi digital untuk memudahkan akses nasabah.

”Pengguna internet bukan hanya anak muda, terlebih di era pandemi ini. Di asuransi, kami melihat menurut NPS (net promotor score) bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi nasabah, antara lain proses asuransi yang ribet, klaim pun susah, proses administrasi yang panjang, dan sebagainya,” Anindya menuturkan.

Ke depan, fitur Gen iClick bakal dikembangkan. ”Ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi lifetime partner nasabah,” ujar Vivin. Generali Indonesia terus mendorong penetrasi asuransi melalui konsep unik dari platform digital serta terus mengembangkan pemasaran bisnis melalui seluruh kanal distribusi, antara lain menggencarkan perekrutan agen, memperluas cakupan wilayah pemasaran, serta meningkatkan kemitraan dengan institusi perbankan dan nonperbankan. (*)

Herning Banirestu & Vicky Rachman

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)