Grandville, 90% Penjualan dari Kanal E-commerce

Jessica Fariani Syahfarianto, co-founder Grandville Food.
Jessica Fariani Syahfarianto, co-founder Grandville Food.

Produk abon merek Grandville termasuk pelaku bisnis yang menikmati melesatnya pasar e-commerce di Indonesia. Merek abon yang diluncurkan tahun 2018 dengan menyasar millennial moms ini sangat aktif menggarap pasar e-commerce.

Awalnya, Grandville mengandalkan penjualan offline dengan target modern market di Jawa Timur dan Jabotabek. Namun, kemudian memutuskan mengembangkan e-commerce melalui marketplace juga. “Kami sudah memiliki official store di sebagian besar marketplace Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli,” kata Jessica Fariani Syahfarianto, co-founder Grandville Food.

Yang menarik, di perusahaan ini, segmen e-commerce mengontribusi 90% dari total revenue. Untuk bisa sukses di kanal e-commerce, pihaknya membangun tim inhouse khusus yang selalu bekerjasama dengan tim eksternal. Tugas mereka mengembangkan brand awareness dan akuisisi konsumen.

“Kami selalu tempatkan posisi produk yang relevan dengan kebutuhan pasar dan harga sesuai. Kami memaksimalkan tool-tool yang ada e-commerce, seperti promo toko dan iklan, serta memaksimalkan pengelolaan database konsumen,” Jessica menjelaskan strateginya.

Sejauh ini Grandville telah terverifikasi sebagai official store pada tiap marketplace yang dimasuki. Pihaknya aktif hadir dengan program promosi yang inovatif dan berusaha relevan dengan tren dan kondisi yang sedang terjadi. Kini Grandville memiliki 19 SKU dengan empat varian produk.

Per bulan ada 4.000–6.000 transaksi di di e-commerce. Pembeli utamanya konsumen di Indonesia. Yang dari luar Indonesia membeli via Shopee Id. Bagusnya posisi Grandville di e-commerce juga tampak dari peringkatnya yang bagus dalam survei SWA Business Digest dengan Telunjuk tahun ini. (*)

Sudarmadi & Anastasia AS

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)