Perkawinan RANS Entertainment & DMMX di Bisnis Pemasaran Digital

Budiasto Kusuma, Presiden Direktur DMMX yang juga CEO DIGIRANS.
Budiasto Kusuma, Presiden Direktur DMMX yang juga CEO DIGIRANS.

Daripada bertarung, dua gajah lebih baik bersinergi dan berjalan seiring mencari rumput bersama. Itulah yang dilakukan PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX) dan RANS Entertainment (perusahaan yang dikelola Raffi Ahmad dan istrinya).

Kedua pelaku bisnis tersebut baru-baru ini sepakat untuk berkongsi membangun platform pemasaran media sosial digital dengan mendirikan perusahaan joint venture bernama PT DMMX Rans Digital atau yang lebih dikenal sebagai DIGIRANS. DMMX selama ini berkecimpung di bidang infrastruktur pemasaran digital, sedangkan RANS merupakan talent agency yang mengelola lebih dari 300.000 kreator konten dan influencer medsos yang ngetop di Indonesia.

DMMX berkongsi dengan RANS untuk meningkatkan aksesibilitas konten ke pasar massal. “Kami melihat banyak peluang bundling produk dan cross promotion yang dapat direalisasikan dengan RANS, dan juga berbagai produk dan layanan yang ditransaksikan atau terdaftar di platform kami,” kata Budiasto Kusuma, Presiden Direktur DMMX yang juga CEO DIGIRANS.

Adapun Raffi Ahmad, selebritas pemilik RANS, mengungkapkan, “RANS melihat kesiapan platform dan pengembangan yang dimiliki DMMX dapat mengoptimalkan aset kreatif yang dimiliki RANS agar bisa mendapatkan traction dan engagement yang powerful ke target audience.” Dalam kerjasama ini, pihaknya bertugas menyediakan aset konten-konten berkualitas ala RANS.

“Kami content creator yang juga punya jaringan dengan ribuan content creator yang bisa kami kolaborasikan melalui kekuatan infrastruktur platform marketing dari DMMX,” Raffi menjelaskan. Saat ini, akun Instagram (IG) @rans.entertainment memiliki 1,5 juta follower, IG @raffinagita1717 lebih dari 50 juta follower, dan kanal YouTube Rans Entertainment memiliki lebih dari 19 juta subscriber.

Saat ini kerjasama memang masih dalam tahap awal. Kedua pihak berencana mengomersialkan DIGIRANS dan membawanya ke pasar pada pertengahan semester kedua 2021. Bagi DMMX, kemitraan ini melengkapi keseluruhan bisnis konten digital yang sebelumnya sudah mulai dibangun dengan Bumilangit. “RANS dapat membantu memperkaya platform kami dengan konten-konten relevan yang menarik bagi segmen konsumen milenial,” kata Budiasto.

Tentu diharapkan akan muncul sinergi dari kerjasama ini. “RANS dapat memanfaatkan kemampuan periklanan atau pemasaran DMMX untuk meningkatkan distribusi dan monetisasi konten mereka. Sedangkan DMMX dapat memanfaatkan para artis RANS dan pengaruh mereka untuk membuat produk dan layanan kami lebih menarik bagi para pelanggan,” Budiasto mengungkapkan. Pihaknya saat ini sedang membangun platform pemasaran medsos yang akan membantu menghubungkan bisnis dengan influencers untuk berkolaborasi dalam kampanye pemasaran secara grassroots.

Platform tersebut memungkinkan para kreator konten mendapatkan exposure yang lebih besar ke basis audiens yang lebih luas. Juga, diharapkan akan memberdayakan mereka untuk meningkatkan distribusi dan monetisasi konten unik mereka yang akan memberi mereka lebih banyak insentif, sehingga bisa menghasilkan konten yang lebih baik yang dapat menghibur penggemar.

Tentu saja, platform itu pun diharapkan meningkatkan interaksi digital dengan penggemar mereka dan viralitasnya. Bagi RANS, platform ini menjadi wadah untuk bertukar ide di antara para pembuat konten dan alat untuk membina talenta baru. (*)

Sudarmadi & Vina Anggita

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)