SiCepat Ekspres, Layanan ke Semua Segmen

Wiwin Dewi Herawati, Direktur Pemasaran SiCepat Ekspres.
Wiwin Dewi Herawati, Direktur Pemasaran SiCepat Ekspres.

Untuk memenuhi dan menjaga kepuasan pelanggan, SiCepat Ekspres bersandar pada tiga hal: pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman; call center yang responsif menjawab pertanyaan; serta produk dengan harga yang kompetitif dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari segi produk, SiCepat mencoba hadir untuk setiap segmen yang berbeda. Sampai saat ini SiCepat memiliki enam produk: SiUntung, layanan reguler; HaLU (Harga Mulai Lima Ribu), layanan yang tersedia di e-commerce; Best, layanan cepat sampai tujuan estimasi satu hari sampai di kota-kota besar; SiCepat Go, paket internasional dengan layanan pickup; H3LO, solusi pengiriman pelanggan social commerce ​dan cash dengan biaya lebih terjangkau dengan berat kiriman 3 kg; dan Gokil, layanan dengan pengiriman barang minimum charge 10 kg dengan harga yang lebih ekonomis.

Dari segi layanan, diluncurkan SiCepat Syariah. Dalam layanan ini, ada donasi 2,5% di setiap diskon ongkos kirim untuk sekolah literasi dan pesantren di wilayah Cilacap dan Lombok melalui kerjasama dengan Dompet Dhuafa. Kedua, SiCepat Klik, layanan pendukung aktivitas SiCepat dengan teknologi WhatsApp Bot. Ada juga COD sebagai salah satu opsi cara pembayaran di marketplace, kemudian layanan gratis pickup barang, loyalty program, dan call center.

“Keunggulan SiCepat adalah produk dan layanan yang ditawarkan mempunyai kelebihan dan keunikan yang berbeda sesuai dengan segmentasi dan kebutuhan pelanggan dan pasar,” kata Wiwin Dewi Herawati, Direktur Pemasaran SiCepat Ekspres.

Menurut Wiwin, upaya menjaga komitmen terhadap kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan, serta kekuatan pada pengiriman yang cepat dan harga murah tersebut, bisa menjadi dorongan bagi pelanggan untuk merekomendasikan SiCepat kepada orang lain. “Ketika berkomitmen antara iklan dan servis yang diberikan kepada konsumen, di situlah yang membuat power WOM (word of mouth) berjalan. Komitmen inilah yang dijaga oleh SiCepat, pengiriman cepat sampai dengan harga murah,” ia menandaskan.

Menurut Wiwin, ada dua produk yang diandalkan untuk menghadapi era pandemi saat ini, yaitu HaLU dan SiUntung. Strategi ini dijalankan agar pelanggan dapat memilih produk pengiriman sesuai dengan kebutuhan saat ini, yaitu pengiriman yang cepat, aman, terjangkau, dan mempunyai banyak pilihan produk. “Untuk membantu daya beli masyarakat/pelanggan di tengah pandemi, SiCepat mengeluarkan dua produk tersebut dengan harga yang kompetitif, juga mengeluarkan berbagai program promosi potongan ongkos kirim yang diberikan di berbagai marketplace,” tuturnya.

Untuk produk HaLU yang tampil dengan harga lebih murah tetapi dengan waktu pengiriman sama, SiCepat mendapatkan penghargaan TOP Innovation Choice Award 2020 dari Tras n Co & Infobrand.id karena dianggap mampu menjawab tantangan di masa pandemi dan membantu mendorong daya beli masyarakat. Selain itu, layanan kurir yang berdiri pada 2014 ini juga pernah diganjar penghargaan atas inovasinya sebagai perusahaan pertama yang mengeluarkan layanan gratis pickup barang kepada seller/pelanggan. (*)

Yosa Maulana

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)