Marketing

SiCepat Ekspres, Perkuat Ekosistem dan Integrasi Digital yang Mendukung UMKM

SiCepat Ekspres, Perkuat Ekosistem dan Integrasi Digital yang Mendukung UMKM
The Kim Hai, CEO SiCepat.
The Kim Hai, CEO SiCepat.

Pandemi Covid-19 telah mengubah nasib banyak perusahaan. Ada yang terkapar. Namun, ada yang justru makin mencorong. Di antaranya, PT SiCepat Ekspres Indonesia, yang kini menjadi salah satu pilihan utama konsumen dalam mengirimkan paket barang.

Sesungguhnya, kiprah SiCepat di sektor logistik Indonesia telah memasuki tahun ke-8. Dalam rentang waktu tersebut, SiCepat telah melakukan berbagai langkah inovasi, kolaborasi, dan ekspansi bisnis untuk melayani jasa ekspedisi bagi masyarakat. Di masa pandemi, kiprahnya justru menonjol.

Selama 2021, SiCepat mengirimkan hingga lebih dari 2,8 juta paket per hari dan telah mencatatkan pertumbuhan year on year hingga 93% dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak hanya dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal, hal ini juga didukung peningkatan SDM yang kini sebanyak 70 ribu karyawan, serta perluasan jangkauan dengan menghadirkan lebih dari 1.500 gerai, 149 pick-up drop point, 84 sortation, dan lebih dari 7.000 titik SiCepat Point yang tersebar di seluruh Indonesia. Pertumbuhan tersebut juga tidak lepas dari kolaborasi dengan 6.000 marketplace seller.

“Kami terus fokus dalam menghasilkan inovasi produk dan layanan, juga menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat,” kata The Kim Hai, CEO SiCepat.

SiCepat pun bertransformasi dengan membangun ekosistem berbasis digital untuk mendukung layanan logistik di berbagai sektor bisnis. Di antaranya, untuk sektor F&B serta industri kreatif.

SiCepat juga meningkatkan kualitas produk dengan menciptakan ekosistem yang sudah mencakup digitalisasi, fulfillment, dan end-to-end logistic service. Layanan yang disediakannya: first and last-mile logistic, warehouse and fulfillment, commerce enabler, multi-platform services, middle-mile logistics, logistic infrastructure, food platform, dan electronic vehicle.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanannya, SiCepat menghadirkan super app: SiCepat Retail. Aplikasi ini antara lain dilengkapi dengan layanan Book Request Pick-up, Donasi, Voucher Discount, SiCepatKu, dan New Tracking Detail.

“Kami terus fokus dalam menghasilkan inovasi produk dan layanan, juga menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat.” The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan kemudahan dalam berbagai aktivitas pengiriman barang melalui SiCepat. Di antaranya, dapat melakukan request pick-up, berdonasi kepada masyarakat yang membutuhkan, dan melakukan tracking paket.

Tidak hanya berinovasi dalam memberikan pelayanan dan produk, SiCepat juga berupaya berperan dalam menjaga lingkungan. Salah satunya dengan cara menggunakan kendaraan motor yang bebas emisi karbon. Sebanyak 10.000 unit motor listrik Volta kini digunakan untuk mengantar dan menjemput paket pelanggan.

Sebagai perusahaan jasa pengiriman asli Indonesia, SiCepat pun berupaya mendukung pelaku UMKM, baik dari segi permodalan, kreativitas, maupun digitalisasi. Tujuannya, mereka dapat mengembangkan bisnis.

Di masa pandemi, banyak UMKM yang menurun penjualannya. Maka, SiCepat memberikan solusi dengan menghadirkan ekosistem perusahaan. Antara lain, menyediakan fasilitas HERA, sistem operasi dan digital marketing untuk meningkatkan penjualan online. SiCepat pun membantu memonitor proses, stok, dan kemudahan dalam berjualan online melalui fasilitas Clodeo. Juga, menyediakan gudang (warehouse) yang difasilitasi melalui Haistar, serta membantu semua proses pengiriman barangnya.

Di tahun 2022, SiCepat berharap dapat menjadi perusahaan digital yang dapat memperluas peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan, serta mendukung pebisnis lokal untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dibuktikan dengan langkah strategisnya menambah kepemilikan saham di perusahaan insfrastruktur dan pemasaran digital PT Digital Mediatama Maxima (DMMX) menjadi 6,05%. Berkat sinerginya dengan DMMX, SiCepat dapat menghadirkan fitur Digital Cloud Ad bagi para seller UMKM.

SiCepat juga menjalin kerjasama dengan PT Logitek Digital Nusantara untuk memperluas jaringan dengan mendirikan FastPoint. Selain itu, bekerjasama pula dengan PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal) sebagai platform peer-to-peer lending, untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi UMKM melalui aplikasi SiCepat Ekspres. Dan, pada Oktober 2021, bersama AC Venture dan DMMX, SiCepat mendukung bisnis kecantikan milik Luna Maya dengan memberikan suntikan dana sebesar US$ 5 juta.

“Dengan ekosistem dan integrasi digital yang kami bangun, kami berharap dapat membantu membuka peluang bisnis dan usaha bagi UMKM untuk lebih berkembang dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia,” kata The Kim Hai. (*)

Jeihan K. Barlian

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved