Workday, Tingkatkan Kemampuan di Empat Area

Sandeep Sharma, Presiden Workday wilayah Asia.
Sandeep Sharma, Presiden Workday wilayah Asia.

Workday telah beroperasi lebih dari 15 tahun menyediakan layanan software as a service (SaaS) bagi perusahaan yang ingin melakukan transformasi digital. Melalui teknologi komputasi awannya, perusahaan yang lahir di Amerika Serikat ini membantu kliennya terutama dalam mengelola empat area yang vital, yakni human capital management (HCM), financial management (FINS), planning, serta analytics & reporting.

Salah satu layanan andalannya adalah solusi end-to-end HCM yang membantu korporasi memetakan sumber daya manusia (SDM), mulai dari proses workforce planning, recruiting, onboarding, time tracking, learning, talent and performance management, benefit, compensation, hingga tahap pensiun. “From hire to retire. Ini merupakan sistem yang vital bagi perusahaan. Mereka butuh sistem yang mampu menangani aset perusahaan yang paling penting, yaitu SDM. Inilah yang ditangani Workday,” kata Sandeep Sharma, Presiden Workday wilayah Asia.

Dia menjelaskan lebih detail bahwa penggunaan machine learning dalam fitur Workday memungkinkan perusahaan klien mengetahui keterampilan yang dimiliki karyawan berdasarkan data dari berbagai sumber, seperti resume, pengalaman kerja, learning course, dan feedback karyawan; menampilkan informasi dan tugas yang dipersonalisasi, dan sebagainya. “Ini adalah fitur Skills Cloud, perusahaan bisa mencocokkan karyawan dengan lowongan pekerjaan, learning, dan opportunity lainnya,” Sandeep menjelaskan.

Selain Skills Cloud, Workday juga menyediakan Workday Assistant, yaitu chatbot yang bisa membantu pengguna melakukan tugas dan mendapatkan informasi melalui percakapan sederhana. Untuk memberikan pengalaman terbaik, tambahnya, Workday menyediakan aplikasi mobile yang bisa diakses melalui iOS ataupun Android.

Berbeda dari on-premises software, Sandeep melanjutkan, kelebihan servis Workday Cloud adalah memungkinkan pengaturan dan penggunaan HCM dilakukan dalam satu sistem, di mana saja dan kapan saja. Lalu, semua hal terkait pemeliharaan dan upgrade sistem ditangani Workday.

“Jadi, pelanggan tidak perlu sibuk dengan rutinitas maintenance yang bisa jadi sangat kompleks. Ini memungkinkan mereka untuk fokus pada kegiatan bisnis utamanya dan memenangi persaingan di pasar,” ucapnya.

Sandeep berpendapat, ke depannya perusahaan akan semakin membutuhkan solusi TI bidang SDM yang memiliki kemampuan data analytics (people analytics) dan machine learning, seperti yang disediakan Workday dalam menghadapi berbagai kondisi mutakhir. Di antaranya, pergeseran lanskap bisnis, membesarnya jumlah generasi milenial, perubahan konsumen, munculnya banyak peluang bisnis baru, bahkan sampai pandemi Covid-19 yang telah memaksa perusahaan memperbarui cara-cara pengelolaan dan perlakuan terhadap karyawan.

“Kita tidak bisa lagi mengelola SDM perusahaan dengan cara-cara dan sistem sebelumnya, apalagi yang masih manual. Kemudahan mendapatkan SDM yang akurat berbasis data analytics seperti itu banyak sekali manfaatnya,” katanya.

Hingga saat ini Workday telah menangani sekitar 7.900 perusahaan di seluruh dunia. Di Indonesia, komunitas pengguna Workday telah mencapai lebih dari 55 juta pengguna, dari kalangan perusahaan lokal ataupun multinasional. Pelanggan besarnya antara lain AIA, Gojek, Golden Agri International, Nissan Motor, dan Tokopedia.

Fitrah Muhammad, Country Manager Workday untuk Indonesia dan Thailand, mengatakan bahwa pihaknya ingin lebih banyak lagi perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi cloud. Dengan demikian, mereka bisa mengikuti jejak perusahaan-perusahaan kelas dunia yang berhasil meningkatkan kemampuan HCM-nya saat melakukan transformasi digital.

“Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Workday mendirikan kantor di Jakarta pada awal 2020. Selain untuk penetrasi lebih dalam ke pasar Indonesia, juga karena semakin banyak permintaan berbagai perusahaan, terutama dari industri perbankan, konglomerasi, dan BUMN, untuk bekerjasama dengan Workday,” Fitrah menerangkan. (*)

Yosa Maulana & Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)