Tiga Cara Midtrans Bantu Pelaku Usaha Naik Kelas | SWA.co.id

Tiga Cara Midtrans Bantu Pelaku Usaha Naik Kelas

Midtrans

Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai payment gateway yang berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia, Midtrans terus berupaya menghadirkan metode pembayaran yang komprehensif dan mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha dan konsumen.

Dea Deviana, Head of Online Payments Strategy Goto Financial mengatakan, sepanjang 2021, nilai transaksi Midtrans meningkat hingga 116% dibandingkan periode sebelumnya. Menurutnya, hal ini menandakan semakin tingginya kepercayaan konsumen bertransaksi di platform digital dan optimisme pelaku usaha terhadap layanan pembayaran digital yang mampu menghadirkan pengalaman belanja optimal untuk pelanggan.

"Sebagai bagian dari Goto Financial, kami berkomitmen mendorong peluang bisnis digital, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional,” ujarnya.

Dea pun membagi cara Midtrans membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya. Pertama, melayani penjualan dengan volume yang tinggi tanpa perlu khawatir. Keandalan layanan pembayaran penting bagi seluruh lapisan pelaku usaha, mulai dari usaha kecil yang memiliki keterbatasan sumber daya hingga usaha besar yang memiliki kebutuhan melayani penjualan dalam volume tinggi. Terlebih di era digital saat ini ketika konsumen mengandalkan transaksi online dimanapun dan kapanpun dalam 24 jam sehari.

Salah satu mitra Midtrans, usaha fesyen Wearing Klamby (Klamby.id) juga menambahkan pentingnya layanan pembayaran yang dapat diandalkan seiring usahanya yang terus bertumbuh. Adwin Rahmanto, Digital Marketing Manager Wearing Klamby menyampaikan, sejak 2018 bisnisnya berjalan, pihaknya dituntut untuk dapat melayani ribuan pesanan mulai dalam jumlah puluhan sampai ribuan pesanan dalam sehari.

"Banyaknya jumlah transaksi ini awalnya sangat menyulitkan kami dalam melayani pelanggan, bahkan pada beberapa kesempatan kami mendapatkan keluhan dari beberapa pelanggan yang kesulitan untuk melakukan pembayaran. Sejak memutuskan untuk memilih Midtrans sebagai penyedia layanan payment gateway, pelanggan menjadi lebih mudah melakukan pembayaran online. Bahkan dalam salah satu waktu, 10 ribu stok kami dapat habis dalam waktu 30 menit tanpa adanya website down," jelas dia.

Baca juga: GoPay, Empat Strategi Cengkeram Pasar

Kedua, layanan pembayaran yang dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Operasional bisnis yang tidak efisien dapat menghambat peningkatan skala usaha, bahkan hingga mengakibatkan potensi kehilangan pendapatan. Dea mengatakan, teknologi Midtrans mendukung efisiensi operasional bisnis pelaku usaha agar dapat menghadirkan pengalaman belanja online yang optimal bagi konsumen, mengembangkan jejaring pelanggan loyal, dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih efisien.

“Teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway,” tambah Dea.

Standar ini, menurut Dea, merupakan hal krusial yang menjawab kebutuhan pelaku usaha akan layanan pembayaran yang membantu pertumbuhan bisnis. Terutama dalam periode peak season atau saat transaksi terjadi bersamaan dalam waktu cepat, tingkat uptime menentukan ketangguhan layanan payment gateway untuk memproses transaksi tanpa masalah.

Di sisi lain, Midtrans juga mendorong efisiensi operasional usaha dengan Merchant Discount Rate (MDR) yang terjangkau, sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia dan opsi penerimaan dana yang dapat diterima merchant di hari yang sama dengan transaksi yang terjadi.

Ketiga, proses integrasi yang mudah serta teknologi kelas dunia mendorong kemudahan usaha.
Di zaman digital yang serba cepat, pengusaha mengandalkan proses kerja sama bisnis yang cepat, tetapi tidak disruptif bagi operasional bisnis. Integrasi payment gateway Midtrans dengan website atau backend digital toko memungkinkan merchant menerima, memproses, dan memverifikasi pembayaran dalam waktu cepat.

“Hal ini tentunya mempermudah pelaku usaha yang mungkin dulunya harus mengaktifkan metode pembayaran satu persatu. Dengan integrasi yang mudah, Midtrans memberikan proses yang cepat cukup dalam waktu satu hari dari self-onboarding secara mandiri hingga langsung dapat mengaktifkan metode pembayaran bank transfer dan Gopay,” jelas Dea.

Dea menambahkan, berbagai kemudahan ini mendorong animo pelaku usaha yang mendaftar untuk menggunakan payment gateway Midtrans mencapai ratusan per hari, dengan jumlah rata-rata pendaftar yang meningkat lima kali dibanding sebelum pandemi.

"Midtrans juga terus menjadi pilihan pelaku usaha, hal ini dibuktikan dengan tingkat rekomendasi oleh merchant Midtrans yang tinggi dalam program Midtrans Referral Program yang mencapai lebih dari lima ratus kali dalam satu tahun, berdasarkan data internal Midtrans per akhir 2021," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)