Technology Trends

Tiga Fokus Bisnis Meta di Indonesia Tahun 2023

Country Director untuk Meta di Indonesia Pieter Lydian. (Ubaidillah/SWA)

Setiap hari, terdapat 3 miliar orang yang menggunakan satu platform Meta di seluruh dunia dan 3,8 miliar setiap bulannya. Pelaku bisnis merupakan pengguna yang penting bagi Meta Pada tahun 2023, Meta akan berfokus pada tiga area bisnis prioritas di Indonesia yakni pertumbuhan Video khususnya Reels, peran Artificial Intelligence (AI) untuk bisnis, dan membangun pertemuan yang lebih dekat melalui Perpesanan Bisnis atau Business Messaging.

“Tiga fokus kami tahun ini adalah Reels, AI, dan Business Messaging. Ketiganya telah menjadi bagian penting dari Meta yang mencapai 3 miliar orang di dunia dan lebih dari 200 juta pelaku bisnis dari berbagai skala di dunia mengandalkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk membangun bisnis mereka,” ujar Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.

Reels merupakan jenis konten yang paling diminati oleh pengguna platform Meta dan Reels menjadi format konten mengalami pertumbuhan pesat di Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Berdasarkan Earning Calls Meta Q4 2022, jumlah Reels yang ditonton meningkat hingga dua kali lipat, dan konten Reels yang dibagikan pengguna ke Facebook dan Instagram meroket hingga lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pertumbuhan Reels tidak terlepas dari peran Artificial Intelligence (AI). Di Indonesia, berdasarkan temuan dari Culture Rising Study, perbincangan mengenai AI di Facebook dan Instagram telah meningkat sebesar 169% dibandingkan tahun lalu. Teknologi AI juga telah membantu orang-orang untuk melihat video-video Reels yang lebih personal. Teknologi AI ini mendorong waktu mengkonsumsi orang-orang pada konten Reels di Instagram sebesar 24%.

Meta baru saja memberikan informasi terkait bagaimana kami menggunakan AI untuk meningkatkan kinerja iklan untuk bisnis. Salah satu terobosan yang dilakukan Meta untuk membantu pebisnis adalah dengan meluncurkan Meta Advantage Suite. Ini adalah sebuah kumpulan produk yang dapat menghubungkan pengiklan dengan audiens yang tepat serta di waktu yang juga tepat.

“Pada intinya, sebenarnya pelaku bisnis di atas platform Meta telah menggunakan setidaknya satu produk yang ditawarkan Meta Advantage. Artinya, sudah ada jutaan pelaku bisnis yang terbantu oleh teknologi AI untuk mencapai target bisnis mereka,” kata Pieter.

Fokus ketiga adalah peran Perpesanan Bisnis atau Business Messaging untuk membantu percakapan bisnis yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan audiens mereka. Saat ini, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia terhubung dengan pelaku bisnis melalui aplikasi perpesanan Meta setiap minggunya.

Aldo Rambie selaku Vertical Lead untuk Meta di Indonesia mengatakan pengguna platform Meta di Indonesia telah terhubung dengan pelaku bisnis setiap harinya melalui layanan perpesanan. Data dari Boston Consulting Group (BCG) dan Meta di tahun 2022 menunjukkan, 82% orang dewasa Indonesia mengirim pesan kepada pelaku bisnis setidaknya sekali seminggu.

“80% orang dewasa Indonesia menyatakan mereka lebih menyukai berkomunikasi dengan pelaku bisnis dengan cara yang sama ketika mereka berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja, yaitu melalui perpesanan. Ini menunjukkan bahwa Business Messaging terus menunjukkan perannya untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan mendekatkan mereka dengan pelanggan,” ujar Aldo Rambie.

Studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting dan Meta pada Desember 2022 menunjukkan, produk-produk Business Messaging dari Meta memberikan dampak lebih baik hingga 61% dibandingkan kanal-kanal komunikasi lain yang selama ini digunakan. Dalam hal penjualan misalnya, nilai pesanan dari pelanggan lebih tinggi 22.1% karena komunikasi antara penjual dan pembeli melalui perpesanan bisnis.

“Dua elemen dari Business Messaging Meta untuk pelaku bisnis yang dapat dipertimbangkan yaitu fitur Click to WhatsApp (CTWA) pada iklan yang akan membantu pelanggan berhubungan langsung dengan bisnis, dan Marketing Message yang dapat mempererat hubungan pelaku bisnis dengan pelanggan setia dengan pendekatan yang lebih personal,” sambung Aldo.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved