Semarak Young Business Movement 2014
Indonesia ialah raksasa yang tengah bersolek. Ditunjang oleh tingginya pertumbuhan kelas menengah dan besarnya pasar, negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia ini diprediksi akan bertengger ke posisi ke-7 – melampaui Jerman dan Inggris – pada tahun 2030. Momentum itu bersamaan dengan dekade yang paling ditunggu – bonus demografi. Suatu momentum ketika penduduk usia produktif jauh lebih banyak daripada penduduk yang tidak produktif. Namun, momentum tersebut dibayang-bayangi oleh “jebakan kelas menegah” jika tidak didukung oleh kebijakan publik yang tepat dan fondasi kewirausahaan yang kokoh.
Generasi muda ialah tulang punggung yang dapat diandalkan untuk membangun kewirausahaan di negeri ini. Sebuah generasi yang diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja ketimbang pencari kerja. Sebuah generasi yang berpotensi besar dalam pembangunan kewirausahaan dengan sifat identiknya – dinamis, kreatif dan inovatif.
Geliat bisnis anak muda dalam satu dekade terakhir cukup menggembirakan. Selain didukung oleh semakin tingginya animo mereka untuk membangun bisnis sendiri, banyak program kewirausahaan yang mendukungnya. Baik yang diadakan oleh pemerintah, organisasi nirlaba, swasta dan perguruan tinggi. Oleh karena itu; beragam bisnis anak muda yang fokus di ceruk fesyen, teknologi informasi dan digital, makanan dan minuman, dan berbagai sektor jasa maupun industri kreatif semakin mudah dijumpai.
Majalah SWA telah memiliki rubrik khusus Indonesia Youngster Inc. sejak beberapa tahun terakhir. Sebuah rubrik yang mengulas geliat bisnis anak muda Indonesia dengan lima kategori: Start-Up, Self-Employed, Next Generation, Professional dan Entrepreneur. Rubrik yang dirancang khusus untuk turut mendorong semangat kewirausahaan di Indonesia, khususnya generasi muda.
Berangkat dari semangat itu, SWA menyelenggarakan event bertajuk “Young Business Movement” untuk mewadahi kreativitas, inovasi, dan passion bisnis anak muda. Mereka diharapkan dapat bertemu, berbagi dan berjejaring dengan sesama pebisnis muda lainnya. Mereka dapat berbagi motivasi dan inspirasi bagi sesama anak muda yang ingin merintis bisnis. Rincian tenant yang meramaikan Young Business Movement dapat dilihat di sini.
Young Business Movement 2014 menampilkan tiga dari lima kategori bisnis anak muda dalam rubrik Indonesia Youngster Inc. Pertama, Start-Up yang usia bisnisnya di bawah lima tahun. Kedua, Self-Employed yaitu mereka yang menjual jasa keterampilannya seperti fotografer, desainer dan profesi “freelance’ lainnya. Ketiga, Entrepreneur yang usia bisnisnya lebih dari lima tahun.
Program Acara
Kegiatan yang diselenggarakan pada 20-22 Juni 2014 di Level 5 West Mall Grand Indonesia Shopping Town Jakarta ini ni tidak sekedar menampilkan pameran bisnis anak muda. Akan tetapi juga menyuguhkan talkshow, music performance dan ajang penghargaan. Di hari pertama digelar, pengunjung begitu antusias mengikuti lomba foto instagram dengan tanda pagar #YoungBusinessMovement, #YoungsterInc2014, dan #YoungCreative. Lokakarya melukis Live yang didukung oleh MIKA Illustration, talkshow dengan Anajidan Helmet, ajang penghargaan Indonesia Youngster Inc. dan hiburan dari MicoWave menyempurnakan semarak hari itu.
Di hari kedua – bertepatan dengan HUT Kota Jakarta ke-487 –, Young Business Movement diisi oleh beragam program menarik. Pertama, talkshow dengan tema “Social Media in Business” dengan pendiri Infojakarta.net. Kedua, Pick Me Up dengan penyayi bertalenta Raisa yang juga menjadi salah satu tenant. Ketiga, pengunjung Level 5 West Mall Grand Indonesia diramaikan oleh penampilan 7Deer Band. Keempat, talkshow dengan Fajar dan Yogi yang merupakan Music Composer dari The Raid. Kelima, penampilan apik dari IBAR.
Di hari terakhir, beragam program yang diusung Young Business Movement semakin memanjakan muda-mudi Jakarta yang memiliki passion berbisnis. Di hari ketiga ini diawali oleh sebuah workshop ilustrasi untuk anak-anak dengan MIKA Illustration. Talkshow dengan alumni Cleo Fashion Award yang juga sekaligus pendiri SATCAS: Adianti Reksoprodjo dan Danya Danica Purba menjadi salah satu sesi yang paling dipenuhi penjunjung di hari terakhir. Program acara selanjutnya berturut-turut ialah hiburan dari Trax FM, Spikysmooth oleh Adila Dimitri, serta penampilan musik dari MERAH Band dan DJ IBAR.
Penghargaan
Terdapat 4 (empat) kategori penghargaan Indonesia Youngster Inc. yang sesi pemberian penghargaannya berlangsung di hari pertama Young Business Movement: Indonesia Youngster Inc. Startup Champion, Indonesia Youngster Inc. Self-Employed Champion, Indonesia Youngster Inc. Entrepreneur Champion dan Indonesia Youngster Inc. Student Entrepreneur Champion.
Nominasi penerima penghargaan kategori pertama sampai ketiga diambil dari para profil pebisnis muda dalam rubrik Indonesia Youngster Inc. yang telah dimuat di Majalah SWA antara tahun 2012 dan 2014. Mereka dinilai oleh Sidang Redaksi Majalah SWA dengan beberapa kriteria: prospek, keunikan produk/jasa, keunikan strategi dan kinerja.
Top 10 Indonesia Youngster Inc. Startup Champion: 1) Tiket.com, 2) Klinik Asuransi Sampah, 3) Bluesville, 4) Tinker Games, 5) 3G Coffee, 6) Fokado.com, 7) Cravar dan Bronn, 8) Meetdoctor.com, 9) HijUp.com, dan 10) Badr Interactive.
Top 10 Indonesia Youngster Inc. Self-Employed Champion ialah sebagai berikut: 1) Ketut Sulistyawati, 2) Selphie Bong, 3) Didit Hediprasetyo, 4) Peggy Hartanto, 5) Castella Natalia, 6) Liliany Fellicia, 7) Prita Hapsari Ghozie, 8) Bayu Sulistyo Subyantoro, 9) Ivan Prabowo & Fernando Sindu, dan 10) Lizzie Parra.
Top 10 Indonesia Youngster Inc. Entrepreneur Champion ialah: 1) Ikin Wirawan, 2) Theodosius Surya Adhitama & Jozef Stephanus Aditamaputra, 3) Dien Wong, 4) Chrystina Theosa, 5) Ahmad Rofiq, 6) Agit Bambang Suswanto, 7) Fajar Handika Prabandani, 8) I Putu Ngurah Sudarma, 9) Hendry Sasmitapura, dan 10) Andi Taufan Garuda Putra.
Kategori keempat merupakan sebuah program kolaborasi antara majalah SWA dan Entrepreneurs’ Organization Indonesia untuk mendorong para mahasiswa memulai bisnis sejak dini. Indonesia Youngster Inc. Student Entrepreneur Championship berhasil menjaring 97 entitas bisnis dari berbagai perguruan tinggi di tanah air yang dibesut oleh para mahasiswa, baik secara sendirian maupun kelompok. Dalam konteks ini, bisnis mereka sudah berjalan dengan omset tertentu dan bukan sekedar proposal bisnis. Dari jumlah tersebut, dipilih 10 finalis untuk mengikuti panel penjurian pada 9 Juni 2014 yang berlangsung di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Pemenang pertama kompetisi ini berhak menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam ajang Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) tingkat Asia Pasifik. Jika ia berhasil menjadi juara di tingkat tersebut, maka ia berhak maju di GSEA tingkat dunia di Washington DC, Amerika Serikat. Berikut ialah urutan Top 10 Indonesia Youngster Inc. Student Entrepreneur Championship 2014:
Young Business Movement didukung oleh Grand Indonesia Shopping Town, Telkomsel, HTC, dan Sinarmasland. Beberapa media partner yang turut menyukseskan acara ini antara lain Kaskus, Sindo Trijaya FM, Global Radio, Majalah Femina, Majalah Cleo Indonesia, I Radio FM, Trax FM, Infojakarta.net, Gen FM, Antaranews.com, Pas FM, Smart FM, Mustang FM, Malesbanget.com, MS TRI FM, Kampusupdate.com, Acara Jakarta, Ciputranews.com dan Jak FM.